Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Fotosintesis Melalui Penerapan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Angkasa Penfui–Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

MODA, Marlis (2014) Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Fotosintesis Melalui Penerapan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Angkasa Penfui–Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah salah satunya adalah dengan perbaikan proses belajar mengajar atau pembelajaran.Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together ( NHT) ini dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam mendalami materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir bersama, berdiskusi secara kelompok dan membagi pengalaman mereka kepada teman di dalam kelas. Walau demikian, apakah Numbered Heads Together (NHT) juga efektif dalam pembelajaran pada materi pokok fotosintesis belum diketahui. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Numbered Heads Together (NHT) Materi Pokok Fotosintesis pada Siswa Kelas VIII di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group PretestPosttest Design. Berdasarkan hasil analisis data dengan statistik deskriptif, dapat diketahui bahwa (1) Kemampuan guru termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,58 (2) Aktivitas siswa baik dengan aktivitas paling menonjol adalah Berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dan menulis pokok-pokok materi pembelajaran yaitu 36,57 (3) Sensitivitas butir soal 0,53 (4) ketuntasan hasil belajar berdasarkan acuan DEPDIKNAS 2003 dan sesuai standar ketuntasan minimal (SKM) sekolah menunjukkan bahwa dari 25 orang peserta yang menjadi subyek penelitian, dua siswa dinyatakan tidak tuntas berdasarkan acuan Depdiknas 2003 sedangkan berdasarkan standar ketuntasan minimal (SKM) yang berlaku di SMP Angkasa Penfui-Kupang (70) semua siswa dinyatakan tuntas. Ketuntasan klasikal 92% (5) Rata-rata ketuntasan indikator 0,83 (6) Rata-rata hasil belajar siswa pada pretest 30,00% dan posttest 83,00%. Dari hasil ini diketahui terjadi peningkatan sebesar 53,00%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Numbered Heads Together Efektif dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Fotosintesis pada Siswa Kelas VIII di SMP Angkasa Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:33
Last Modified: 21 Oct 2022 05:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9607

Actions (login required)

View Item View Item