Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

MIHA, Mikael Tada (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai model pembelajaran yang dianggap cocok serta dapat merancang suasana kelas yang sedemikian rupa sehingga siswa mendapat kesempatan untuk dapat berinteraksi dengan pihak lain. Model pembelajaran dapat membantu guru dalam penguasaan kemampuan dan keterampilan yang berkaitan dengan upaya mengubah tingkah laku siswa sejalan dengan rencana yang ditetapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan pembelajaran orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII di SMP Angkasa Kupang Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Pada Materi Pokok Ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pra-eksperimen serta desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa perindividu 90,4 (tuntas) dan secara klasikal 96% (tuntas). Rata-rata proporsi indikator 0,91 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,73 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,68 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,58 (baik), dan reliabilitas instrumennya 95,78 (baik). Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw, Materi Pokok Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:36
Last Modified: 21 Oct 2022 05:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9611

Actions (login required)

View Item View Item