Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Padatumbuhan Di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

MAN, Monaldus L. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Padatumbuhan Di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari rerata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memperihatinkan. Untuk menjawab problema ini Model pembelajaran kooperarif pendekatan Numbered Head Together merupakan alternatif yang baik untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengaktifkan dirinya dengan cara berdiskusi, berdebat, menghargai pendapat orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan mereka. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Head Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kupang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Head Together dalam hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII materi pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, tuntas 83,25% (2) Ketuntasan klasikal tuntas 100% (3) Rerata ketuntasan indikator 0,84 (4) sensitivitas butir soal 0,42 (5) kemampuan guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,56 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan tugas- tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase 28,49%. Reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran 98,19%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Dalam meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Tumbuhan Di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Sistem Gerak Pada Tumbuhan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:37
Last Modified: 21 Oct 2022 05:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9612

Actions (login required)

View Item View Item