Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

SANG, Norlin Boling (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)

Abstract

Masalah pokok pada penelitian ini adalah rerata nilai hasil belajar siswa di SMP Adhyaksa 2 Kupang selama ini masih rendah dan belum sepenuhnya memperlihatkan hasil belajar sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 86,25 (tuntas) dan Ketuntasan secara klasikal 92,86% (tuntas) Rerata proporsi indikator 0,85 (tuntas,) Sensitivitas butir soal 0,52 (sensitif). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, Sistem Pernapasan Pada Manusia dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:40
Last Modified: 21 Oct 2022 05:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item