LAOS, Nuryanti (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Angkasa Penfui–Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
Abstract
Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang mampu bersaing di era globalisasi, diperlukan perbaikan sistem diberbagai bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Pendidikan adalah usaha manusia untuk mengubah sikap dan tata laku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri ini dirancang untuk mempengaruhi proses berpikir siswa secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 86,67% (tuntas) dan secara klasikal 92,59% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,87 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,36 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 90,72% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,66 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,53% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam pembelajaran biologi materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas VIIIB di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014 pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Inkuiri, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 05:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 05:46 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9616 |
Actions (login required)
View Item |