Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

KOANAK, Renny R. (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together merupakan jalan yang paling efektif untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa dalam mencari dan menemukan sendiri, serta membangun pengetahuan melalui interaksi dan komunikasi pribadi antar siswa dalam kelompok serta antar kelompok dan kelompok, maupun antara siswa dengan guru dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada suasana komunikasi dan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dan Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Data analisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rerata hasil belajar siswa perindividu mencapai 82,04 (2) Ketuntasan klasikal 95,45% (3) Rerata proporsi indikator 0,81. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:50
Last Modified: 21 Oct 2022 05:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item