Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia

URAN, Simon Petrus Muni (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya mempunyai peranan untuk meningkatkan kualitas manusia yang seutuhnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui proses pembelajaran di sekolah. Gejala yang dialami adalah siswa tidak mempunyai semangat dalam belajar biologi, siswa kurang serius dalam mendengarkan penjelasan guru dan kemampuan berpikir siswa masih rendah mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Biologi pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis data secara statistik deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 83,25%, (2) Secara klasikal 92,50%, (3) Rerata indikator 0,83%, (4) Sensitif butir soal 0,34%, (5) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 97,94%, (6) Skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,55%, (7) Reliabilitas instrumennya 98,52%. Dari hasil analisis data secara statistik deskriptif dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapaan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Biologi pada materi pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi Pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:54
Last Modified: 21 Oct 2022 05:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9622

Actions (login required)

View Item View Item