Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Tahun Ajaran 2013/2014

NAHAK, Videntius D. (2014) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Angkasa Penfui Kupang Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya sadar yang berperan penting dalam pengembangan IPTEK untuk membebaskan manusia dari kebodohan dan keterbelakangan. Pendidikan dalam lingkungan yang lebih kecil dapat diwujudkan melalui proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Senada dengan itu, maka paradigma sistem dan metode pembelajaran di Indonesia haruslah mengalami pergeseran yaitu dari teacher centered ke student centered, yang mana harus diterimanya pendekatan, metode, dan model pembelajaran baru yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB. Yang mana desain penelitiannya adalah one group pretest-postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,70% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,66 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,54% (baik).rerata ketuntasan belajar siswa perindividu adalah U2 (81,80),> U1 (29,00), terjadi peningkatan sebesar 53,8 dengan ketuntasan klasikal 88% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,83 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,53 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam pembelajaran biologi materi pokok pencemaran lingkungan pada siswa kelas VIIB di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:55
Last Modified: 21 Oct 2022 05:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9623

Actions (login required)

View Item View Item