Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014

IKUN, Walfrida Immaculata (2014) Uji Efektivitas Pembelajaran Biologi Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Penerapan STAD (Student Team Achievement Division) Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

Di SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sejak tahun pelajaran 2006/2007. Namun menurut hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII diketahui bahwa terdapat beberapa masalah dalam pelaksanaan KTSP, sehingga nilai pada mata pelajaran IPA-Biologi rata-rata sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah Siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tawaran solusinya yaitu dengan menggunakan STAD karena STAD efektif terhadap materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang. Walau demikian apakah STAD efektif atau tidak dalam pembelajaran Biologi belum diketahui.Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang pada bulan Februari 2014 dan terdiri dari dua kali pertemuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pra eksperimen dengan desain one group pretest dan post test. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan Tes Hasil belajar Siswa dan non tes hasil belajar. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata- rata aktivitas siswa yaitu 90,11%. Sedangkan Sensivitas butir soal dengan sensivitas rata-rata 0,45 dengan kisaran 0,32- 0,56 dimana S ≥30 sehingga semua butir soal yang disusun oleh peneliti semuanya sensivitas terhadap efek-efek pembelajaran. Analisis perhitungan hasil belajar menunjukkan bahwa rata-rata dari pretest adalah 42,4 dan posttest adalah 81,6 jika disesuaikan dengan SKM Depdiknas 2004 yaitu 75 dan SKM SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang 68 sehingga secara individu semua siswa tuntas dan secara klasikal juga semua siswa mencapai ketuntasan yaitu 100%. Rata-rata dari Proporsi indikator adalah 0,85 atau 85%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa STAD efektif dalam pembelajaran Biologi materi pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Sikumana-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uji efektivitas pembelajaran, Penerapan STAD, Siswa Kelas VIII SMP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:57
Last Modified: 21 Oct 2022 05:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item