KAMLASI, Yanitha Elys (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2014/ 2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (172kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Dengan demikian, maka pembaharuan kurikulum terus dilakukan yaitu dengan dibentuknya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penyelenggaraan KTSP menekankan agar pembelajaran harus berpusat pada siswa (student centered) tetapi kenyataan yang dijumpai guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, guru harus bisa menciptakan iklim pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Think Pair Share. Pendekatan Think Pair Share melibatkan siswa dalam mendalami materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secara berpasangan setelah itu membagi hasil diskusi mereka kepada teman-temannya di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 82,2 (2) Ketuntasan klasikal 96% (3) Rerata proporsi indikator 0,84 (4) Sensitivitas butir soal 0,42 (5) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 90,58 (6) Skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,75 (7) Reliabilitas instrumen aktivitas guru 98,14. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 05:59 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 05:59 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9625 |
Actions (login required)
View Item |