Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMA Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

TAMPANI, Yasintha (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMA Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Numbered Heads Together Pada pendekatan NHT, setiap siswa memiliki satu nomor dan guru dapat menunjuk siswa dengan nomor tertentu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Cara ini merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi pokok sistem pencernaan manusia di SMA Swasta Beringin Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group PretestPostest Design dengan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian Tes Hasil Belajar mencapai 84,44 (2) Ketuntasan klasikal 95% (3) Rerata proporsi indikator 0,81 (4) Sensitivitas butir soal 0,49 (5) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,98 (6) Skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,51 (7) Reliabilitas instrumen aktivitas guru 93,13. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi pokok sistem pencernaan manusia di SMA Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:01
Last Modified: 21 Oct 2022 06:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9626

Actions (login required)

View Item View Item