Penerapan Model Pembelajaran Meniru Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Gitar Dasar Dengan Teknik Petikan Tirando/Freestroke Pada Siswa Kelompok Gitar Minat Dan Bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang

DAVID, Antonius Atakabelen (2014) Penerapan Model Pembelajaran Meniru Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Gitar Dasar Dengan Teknik Petikan Tirando/Freestroke Pada Siswa Kelompok Gitar Minat Dan Bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pengembangan Minat dan bakat dalam bermain gitar merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diterapkan di SMPK Sta. Theresia Kupang. Di sana siswa ditempah kemampuan dan bakat seni yang dimilikinya. Selain meningkatkan kemampuan seni, anak juga dapat mengembangkan kemampuan sosialnya terkait dengan nilai-nilai hidup sehingga kelak dapat bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Masalah yang diangkat dalam penelitiaan ini adalah : Bagaimana proses penerapan model pembelajaran meniru untuk meningkatkan kemampuan bermain gitar dasar dengan teknik petikan tirando/freestroke pada siswa kelompok gitar minat dan bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran meniru untuk meningkatkan kemampuan siswa bermain gitar dasar dengan teknik petikan tirando/freestroke pada siswa kelompok gitar minat dan bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam praktik gitar dasar dan juga Metode yang digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian tindakan lapangan. Data diperoleh melalui observasi (pemebelajaran gitar dasar) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran meniru untuk meningkatkan kemampuan bermain gitar dasar dengan teknik petikan tirando/freestroke pada siswa kelompok gitar minat dan bakat di SMPK Sta. Theresia Kupang meliputi: (1) Pada tahap awal proses pengenalan gitar dasar dari keempat siswa, ada dua siswa yang mengalami kesulitan cara stemming gitar, cara menekan akord, menekan nada per nada dan cara petikan tirando/frestrooke. Hal tersebut disebabkan kerena siwa, kurangnya motivasi belajar dan juga daya tangkap siswa berbeda-beda. Kendala tersebut membuat proses pembelajaran berjalan tidak maksimal dan hasil yang diperoleh juga tidak maksimal.(2) Tahap Kedua Proses pengenalan lagu model/interprestasi lagu:proses peraktek mengiringi lagu model dari keempat siswa hanya satu siswa mengalami kesulitan peraktek memainkan lagu dengan petikan tirando yakni kesulitan dalam ketepatan perpindahan akord, daya tangkap siswa kurang begitu kuat dan kurangnya motivasi belajar mandiri.(3) Tahap Ketiga Pementasan. Peningkatan yang diperoleh siswa kelompok gitar minat dan bakat yakni: Siswa memainkan teknik petikan gitar menjadi lebih baik dari sebelumnya dan Siswa semakin bisa memainkan lagu model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Meniru, Gitar Dasar, Petikan Tirando/Freestroke
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:15
Last Modified: 21 Oct 2022 06:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9645

Actions (login required)

View Item View Item