Upaya Menerapkan Pola Irama Bossa Nova Menggunakan Teknik Petikan Tirando Pada Gitar Akustik Sebagai Iringan Lagu Sepanjang Jalan Kenangan Karya A. Ryanto Bagi Mahasiswa Minat Gitar Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode Drill

TELUMA, Gabriel (2019) Upaya Menerapkan Pola Irama Bossa Nova Menggunakan Teknik Petikan Tirando Pada Gitar Akustik Sebagai Iringan Lagu Sepanjang Jalan Kenangan Karya A. Ryanto Bagi Mahasiswa Minat Gitar Semester IV Program Studi Pendidikan Musik Unwira Kupang Melalui Metode Drill. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)

Abstract

Gitar akustik merupakan alat musik petik berdawai yang digemari dan dipelajari oleh segala tingkatan usia. Dalam program studi pendidikan musik permainan gitar akustik juga diterapkan pada kurikukulum pembelajaran seni musik. Namun, materi yang diterapkan dalam mata kuliah gitar masih bersifat umum sedangkan dalam lingkungan masyarakat mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai berbagai macam jenis musik dalam permainan gitar,salah satunya musik bossa. Berdasarkan uraian diatas, dirumuskan pertanyaan penelitian atau fokus penelitian yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini, yakni bagaimana upaya menerapkan pola irama bossa nova menggunakan teknik petikan tirando pada gitar akustik sebagai iringan lagu sepanjang jalan kenangan karya A. Ryanto bagi mahasiswa minat gitar semester IV program studi pendidikan musik Unwira Kupang melalui metode drill. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif yaitu penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berupa data-data dan teori yang berhubungan dengan permasalahan yang ada dari berbagai buku, jurnal dan berbagai sumber pustaka lain. Sedangkan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan upaya menerapkan pola irama bossa nova menggunakan teknik petikan tirando pada gitar akustik sebagai iringan lagu sepanjang jalan kenangan karya A. Ryanto bagi mahasiswa minat gitar semester IV program studi pendidikan musik Unwira Kupang melalui metode drill dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap awal perekrutan anggota minat gitar, menentukan jadwal latihan. Tahap inti menjelaskan teori dasar pola iringan bossa nova, latihan menerapkan pola irama bossa nova pada gitar menggunakan etude – etude, latihan menerapkan pola irama bossa nova pada lagu model sepanjang jalan kenangan dan tahap akhir yaitu pementasan. Metode pembelajaran yang digunakan bukan hanya metode drill akan tetapi disandingkan dengan metode meniru sebagai metode pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dapat memainkan pola irama bossa nova melalui proses latihan etude – etude irama bossa nova sehingga mahasiswa dapat memainkan lagu model. Walaupun terdapat kesulitan namun hal tersebut dapat diatasi dengan metode drill yang disandingkan dengan metode meniru sebagai metode pendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gitar, pola irama bossa nova, drill.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 11 Dec 2019 01:16
Last Modified: 11 Dec 2019 01:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item