Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Pada Penerapan Pendekatan Scientific Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SION, Maria Krisumta Grace (2019) Pengaruh Ketelitian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Hasil Belajar Keterampilan Pada Penerapan Pendekatan Scientific Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (323kB)

Abstract

Pendekatan saintifik sebagai proses yang memandu peserta didik untuk memecahkan suatu masalah melalui kegiatan perencanaan yang matang, pengumpulan data yang cermat, dan analisis yang teliti untuk menghasilkan suatu kesimpulan.. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana ketelitian peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahun dan hasil belajar keterampilan pada penerapan pendekatan scientific materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019?(5) Adakah pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahun dan hasil belajar keterampilan pada penerapan pendekatan scientific materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui ketelitian peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahun dan kemampuan identifikasi variabel pada penerapan pendekatan scientifc materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahun dan hasil belajar keterampilan pada penerapan pendekatan scientific materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Ketelitian peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019 sangat baik dengan nilai rata-rata 81,04. (3) Kemampuan Identifikasi Variabel peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019 baik dengan nilai rata-rata 79,29. (4) Ada hubungan yang sifnifikan antara ketelitian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahan dan hasil belajar keterampilan pada penerapan pendekatan scientific materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan korelasi ganda diperoleh masing-masing nilai rx1x2y1 = 0,814 dan nilai Fhitung>Ftabel atau 24,598 > 3,39 serta nilai rx1x2y2 =0,841dan nilai Fhitung>Ftabel atau 30,251 > 3,39.(5) Ada pengaruh yang signifikan antara ketelitian dan Kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar pengetahun dan hasil belajar keterampilan pada penerapan pendekatan scientific pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang diperoleh masing-masing dari persamaan garis regresi ganda dan Fhitung>Ftabel atau 24,598 > 3,39 serta dan Fhitung>Ftabel atau 30,251 > 3,39 .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, Kemampuan Identifikasi Variabel, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Pengetahun dan Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 11 Dec 2019 01:27
Last Modified: 11 Dec 2019 01:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item