PENGARUH KEMAMPUAN SOSIAL DAN KREATIVITAS (APTITUDE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Tukan, Agnes Nogo (2016) PENGARUH KEMAMPUAN SOSIAL DAN KREATIVITAS (APTITUDE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada dasarnya mengacu pendapat Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. Untuk itu Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsep-konsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan model discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana kemampuan sosial dan kreativitas aptitude siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016 (3) Adakah hubungan dan pengaruh kemampuan sosial dan kreativitas aptitude siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016? (2) Untuk mengetahui kemampuan sosial dan kreativitas aptitude siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016? (3) Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kemampuan sosial dan kreativitas aptitude terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan model discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam XI IPA 5 SMA Negeri 2 tahun ajaran 2015/2016. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan model discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016.(2) Kemampuan sosial siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang baik dengan nilai rata-rata angket sebesar 73,15 dan kreativitas aptitude berada pada kategori kreatif dengan skor rata-rata tes kreativitas aptitude 76,02 (3) Ada hubungan dan pengaruh yang signifikan antara kemampuan sosial dan kreativitas aptitude terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan model discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2015/2016 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,597 dan diperoleh persamaan garis regresi ganda Y ̂=55,978+0,285X1 +0,117X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: ?? kimia ??
Depositing User: Walenta Sena
Date Deposited: 28 Jun 2017 02:55
Last Modified: 28 Jun 2017 02:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item