KOBUN, Maria Magdalena (2014) Penerapan Pendektan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Listrik Dinamis Pada Peserta Didik Kelas IXD Semester Ganjil SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (735kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) |
Abstract
Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis pendekatan dalam proses pembelajaran di mana pembelajaran yang banyak dicampuri oleh guru. Guru banyak mengarahkan dan memberikan petunjuk ke pada peserta didik baik lewat prosedur yang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan pengarahan selama proses inkuiri. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD semester Ganjil SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015?. Secara spesifik permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015? 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD semester ganjil SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Secara terperinci tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas IXD semester ganjil SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah: lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, tes hasil belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk materi pokok listrik dinamis pada peserta didik kelas IXD SMP Negeri 16 Kupang yang berjumlah 20 orang adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangg meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak 9 buah indikator pencapaian kognitif, 6 indikator pencapaian proses, 6 indikator pencapaian afektif dan 10 indikator pencapaian psikomotor semuanya tuntas. Tes hasil belajar (THB) peserta didik untuk tes hasil belajar produk, proses, afektif dan psikomotor semuanya tuntas serta respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, alokasi waktu dan suasana kelas semuanya berada dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:30 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9680 |
Actions (login required)
View Item |