TOBI, Yosef Henderikus Laga (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Materi Pokok Usaha Dan Energi Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (120kB) |
Abstract
Masalah umum bagi peneliti adalah bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Materi pokok Usaha dan Energi pada peserta didik kelas XI IPA3 semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada peserta didi kelas XI IPA3 materi pokok Usaha dan Energi. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (4) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI; (5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas XI IPA3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 peserta didik. Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (produk, afektif dan psikomotor), Lembar Pengamatan Keterampilan Kooperatif dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes dan Angket Respon Peserta Didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah baik untuk materi pokok Usaha dan Energi pada peserta didik kelas XI IPA3 SMA Negeri 5 Kupang yang berjumlah 28 peserta didik. 1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang mecakup: perencanaan perangkat pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata secara berturut-turut adalah: 3,90; 4,00 dan 3,56. 2) Keterampilan kooperatif peserta didik meliputi: berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, mendengarkan dengan aktif dan bertanya atau menjawab secara umum dan skor rata-rata berada pada kriteria batasan evektivitas yang ditetapkan. 3) Indikator Hasil Belajar (produk, afektif dan psikomotor) yang disiapkan sebagian besar tuntas karena proporsi ketuntasan berturut-turut 0,87, 0,83, 0,86 melebihi kriteria ketuntasan minimal 0,75. 4) Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI3 SMA Negeri 5 Kupang pada materi pokok Usaha dan Energi secara keseluruhan tuntas dan terjadi peningkatan proporsi jawaban benar dari 0,34 menjadi 0,89 sebesar 0,63, sedangkan untuk aspek afektif dan psikomotor keseluruhan tuntas dengan proporsi rata-rata masing-masing 0,87 dan 0,86) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI diperoleh persentase yang meliputi lima aspek yakni: kegiatan pendahuluan 94,76% dengan kategori sangat baik, kegiatan inti 93.39% dengan kategori sangat baik, kegiatan penutup 93.81% dengan kategori sangat baik, pengelolaan waktu 92.86% dengan kategori sangat baik dan suasana kelas 94.64% dengan kategori sangat baik. Sehingga total skor rata-rata yang diperoleh dari kelima aspek adalah 93,24% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:36 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:36 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9687 |
Actions (login required)
View Item |