Persepsi Mahasiswa Fisip Unwira Tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus pada Perpustakaan FISIP Unwira)

GOMES, Miguel Freitas (2019) Persepsi Mahasiswa Fisip Unwira Tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus pada Perpustakaan FISIP Unwira). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian karena penulis ingin mengetahui persepsi mahasiswa fisip unwira tentang kualitas pelayanan perpustakaan. Berdasarkan latar belakang ini, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana persepsi mahasiswa fisip unwira tentang kualitas pelayanan perpustakaan. Dengan mengunakan konsep persepsi untuk dapat mengetahui persepsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian untuk menggambarkan tentang karakteristik individu, situasi, atau kelompok tertentu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan hasil penelitian yakni ketiga informan memiliki persepsi berbeda dalam menanggapi kualitas pelayanan perpustakaan pada FISIP Unwira yang terbagi dalam tiga indikator yakni Waktu Pelayanan, Kelengkapan Buku / Referensi dan Kemampuan Komunikasi Petugas Perpustakaan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa dari ketiga informan tersebut memiliki persepsi yang berbeda – beda tentang kualitas perpustakaan FISIP Unwira. Persepsi yang penulis dapatkan dari beberapa informan yang mengatakan bahwa waktu pelayanan perpustakaan sangat baik dikarenakan dapat membantu mahasiswa saat berkunjung dan membuat mahasiswa lebih banyak meluangkan waktunya di perpustakaan untuk menyelesaikan tugas – tugas dikarenakan Buku/ referensi yang tersedia sangat memadai sehingga mahasiswa FISIP Unwira lebih mudah mendapatkan referensi, serta dapat mengurangi anggaran dalam pengeluaran pembelian buku/ referensi, selain itu kemampuan komunikasi petugas perpustakaan Fisip Unwira Sangat baik dikarenakan selalu meminta mahasiswa untuk menunjukan kartu mahasiswa dan meulis nama pada buku pengunjung. Penulis menyarankan bagi mahasiswa lebih sering memanfaatkan perpustakaan FISIP Unwira karena Perpustakaan merupakan sumber informasi bagi setiap pengguna jasa perpustakaan, selain itu perpustakaan juga diibaratkan sebagai sumber informasi perguruan tinggi yakni bagian integral dari kegiatan Pendidikan, penelitian, serta berfungsi sebagai pusat sumber belajar mahasiswa untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan diperguruan tinggi FISIP Unwira. Penulis menyarankan bagi pengelola perpustakaan tetap memanfaatkan waktu pelayanan yang telah ditetapkan pada perpustakaan FISIP Unwira dengan baik dan tepat waktu serta lebih mengutamakan kebutuhan pengunjung baik pada saat berkumunikasi dengan pengunjung perpustakaan maupun bila pengguna perpustakaan kebingungan dalam mencari buku/ referensi yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:35
Last Modified: 11 Dec 2019 04:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item View Item