Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015)

ZUA, Flavianus (2015) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)

Abstract

Judul skripsi: hubungan antara pola asuh orang tua Menurut Persepsi Siswa dengan Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015).Masalah umum dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dengan penyesuaian sosial siswa/siswi kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015?. Masalah khusus dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua menurut persepsi siswa yang otoriter, demokratis dan permisif dengan variabel penyesuaian sosial siswa kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dengan penyesuaian sosial siswa kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2014/2015 dan tujuan khusus yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikann antara pola asuh orang tua menurut persepsi siswa yang otoriter, demokratis dan permisif dengan penyesuaian sosial siswa kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment pada taraf signifikan 5% dengan (db=N-2). Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) Pola asuh orang tua dan variabel terikat (Y) penyesuaian sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA³ SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 28 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang sehingga semuanya di ambil sebagai sampel penelitian. Dengan demikian sampel penelitian ini adalah sampel populasi. Hasil analisis data penelitian diketahui rhitung = 0,406. Hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan rtabel product moment pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db= N-2= (28-2 = 26), yaitu 0.388. Jadi r hitung > r tabel. maka 0,406 lebih besar dari 0,388. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dengan penyesuaian sosial siswa kelas XI MIA3 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2014/2015, serta ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua yang otoriter, demokratis dan permisif menurut persepsi siswa dengan penyesuaian sosial siswa kelas XI MIA3 SMA Katolik Giovanni Kupang 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dengan penyesuaian sosial siswa kelas XI MIA3 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2014/2015 dan ada hubungan antara sub variabel pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dan penyesuaian sosial siswa di sekolah. Dari kesimpulan ini peneliti juga memberikan saran sebagai berikut: 1).Kepala Sekolah, hendaknya bekerja sama dengan orang tua siswa, guru, konselor dan seluruh personil sekolah lainnya agar orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak sehingga ia mampu melakukan penyesuaian sosial dengan baik di sekolah. 2). Guru Mata Pelajaran dan Wali Kelas, mengkomunikasikan kepada orang tua/wali siswa tentang dampak penerapan pola asuh orang tua bagi proses penyesuaian sosial anak di sekolah. 3). Guru BK, meningkatkan perannya sebagai pembimbing dan mampu menjalin kerja sama yang baik dengan wali kelas serta para guru mata pelajaran dalam menangani masalah yang berkaitan dengan penyesuaian sosial siswa di sekolah serta memberikan layanan pribadi yang dapat membantu siswa tersebut dengan menggunakan teknik-teknik yang bervariasi dalam pendekatan kognitif dan behavioral. 4). Orang tua siswa, agar lebih memperhatikan interaksinya dengan anak khususnya dalam penerapan pola asuh kepada anak sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan baik di luar lingkungan keluarga khususnya penyesuaian sosial mereka di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:23
Last Modified: 25 Oct 2022 06:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9744

Actions (login required)

View Item View Item