UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL DISCOVERYLEARNINGDALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIIIDI SMPKSANTA. FAMILIA KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Witin, Agustina B. (2015) UJI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL DISCOVERYLEARNINGDALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIIIDI SMPKSANTA. FAMILIA KUPANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di SMPK St. Familia Kupang dilihat siswa kurang serius dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran dan telah menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Untuk mengatasinya diterapkan model Discovery Learning dalam pembelajaran. Namun apakah efektif atau tidak, maka perluh dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji efektif penerapan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia kelas VIII di SMPK Santa Familia Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen,Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data berupa anilisis data aktivitas siswa, analisis data hasil belajar siswa, analisis instrumen evaluasi, analisis data keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, analisis data penilaian sikap siswa, dan kriteria penilaian efektivitas.. Hasil penelitiannya adalah: (1) aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah mengerjakan LKS/berdiskusi dan menulis pokok – pokok materi pembelajaran yaitu mencapai 75,85% (baik) (2) Kemampuan guru sangat baik dengan skor rata-rata 3,92 (baik) (3) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 89,09% (Tuntas) dan Ketuntasan klasikal mencapai 100% (4) Proporsi indikator rata-rata 0,90 (tuntas) (5) Sensitivitas butir soal 0,45 (sensitif) (6) Penilaian sikap siswa selama proses pembalajaran dengan penilaian sikap sosial rata – rata berkisar antara 77,78% – 94,45% , penilaian sikap spiritual dengan rata – rata berkisar antara 77,78% - 94,45% , dan penilaian sikap keterampilan dengan rata – rata berkisar antara 83,33% - 95,84% yang secara kualitatif menjawab tujuan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII Di SMPK. St. Familia Kupang Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan, Model Discovery Learning, Proses Pembelajaran Biologi, Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: ?? biologi ??
Depositing User: Walenta Sena
Date Deposited: 28 Jun 2017 03:02
Last Modified: 28 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item