Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Energi Dan Usaha Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Swasta Beringin Kota Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

LENG, Semri Nero (2017) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Energi Dan Usaha Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Swasta Beringin Kota Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (6MB)

Abstract

Model Pembelajaran Langsung adalah salah satu model Pembelajaran yang dapat membantu peserta didik mempelajari keterampilan dasar dalam memperoleh informasi yang diajarkan selangkah demi selangkah. Model Pembelajaran Langsung diciptakan khusus untuk mempermudah peserta didik mempelajari pengetahuan deklaratif dan prosedural yang direncanakan dengan baik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP SWASTA BERINGIN KOTA KUPANG? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun Ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun Ajaran 2016/2017 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun Ajaran 2016/2017? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun Ajaran 2016/2017? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANG Tahun ajaran 2016/2017. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun ajaran 2016/2017; 2) Mendeskripsikan Ketuntasan Indikator Hasil Belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsungmateri pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun ajaran 2016/2017; 3) Mendeskrispsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Energi dan Usahapada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun ajaran 2016/2017; 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapakan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Energi dan Usahapada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIISPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGTahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 15 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik,dan Kisi-kisi. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatanpengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Energi dan Usaha, tes hasil belajar (produk,afektik,dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, prosentase dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran langsung adalah baik untuk materi pokok Energi dan Usaha pada peserta didik kelasVIIISPM SWASTA BERINGIN KOTA KUPANGyang berjumlah 15 orang. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok Energi dan Usaha yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah baik. Indikator hasilbelajar yang disiapkan sebanyak 7 indikator kognitif semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara kelas dikatakan tuntas pada aspek kognitif, afektif, psikomotor serta respon peserta didik sehingga penerapan modelpembelajaran langsung pada materi pokok Energi dan Usahadapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:47
Last Modified: 26 Oct 2022 03:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item