Pengaruh Kualitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014)

MARUNG, Alexander Harsian (2014) Pengaruh Kualitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)

Abstract

Judul skripsi: Pengaruh Kualitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014). Masalah umum penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014?. Masalah khusus penelitian ini adalah: a) Apakah ada pengaruh kelengkapan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014? b) Apakah ada pengaruh kelengkapan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014? c) Apakah ada pengaruh sumber daya manusia pustakawan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014? d) Apakah ada pengaruh layanan di perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan umum penelitian: untuk mengetahui pengaruh kualitas perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan khusus penelitian adalah: a) Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. b) Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. c) Untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia pustakawan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. d) Untuk mengetahui pengaruh layanan di perpustakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah: variabel bebas (X) kualitas perpustakaan dan variabel terikat (Y) minat baca siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Sampel ujicoba instrument adalah siswa kelas VIIIC SMPN 1 Langke Rembong yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas perpustakaan tidak berpengaruh terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014, dengan Fhitung 0,003, sedangkan Ftabel (tabel nilai “f” regresi linear) pada taraf signifikan =0,05 dengan N=30 sebesar 1,72. Demikian pun halnya sub-sub variabel kelengkapan koleksi perpustakaan, kelengkapan fasilitas perpustakaan, sumber daya manusia pustakawan, dan layanan di perpustakaan tidak berpengaruh xvii terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh kualitas perpusakaan terhadap minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong, maka perlu dicari faktor- faktor lain yang dapat mempengaruhi minat baca siswa kelas VIIIG SMPN 1 Langke Rembong tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah, menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kualitas perpustakaan di sekolah demi meningkatkan aktivitas membaca buku-buku di perpustakaan dan meningkatkan minat baca siswa. b) Konselor sekolah, untuk lebih membantu siswa memanfaatkan perpustakaan sehingga dapat mengembangkan minat baca siswanya. c) Siswa, untuk mengetahui pentingnya perpustakaan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat bacanya. d) Peneliti, menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk dapat meneliti lebih lanjut tentang hal-hal yang berkaitan dengan kualitas perpustakaan sehingga dapat meningkatkan minat baca siswa di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:11
Last Modified: 26 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9803

Actions (login required)

View Item View Item