Analisis Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pada Bidang Kesehatan Di Kota Kupang Tahun 2016 (Studi Kasus Pada Puskesmas Oebobo)

AMUNTODA, Yoseph Iksan (2018) Analisis Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pada Bidang Kesehatan Di Kota Kupang Tahun 2016 (Studi Kasus Pada Puskesmas Oebobo). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (972kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (26kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya capaian Standar Pelayanan Minimal pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang? (2) Bagaimana cara mengatasi rendahnya capaian Standar Pelayanan Minimal pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang? Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menyebabkan rendahnya capaian Standar pelayanan Minimal pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang. (2) Untuk mengetahui cara mengatasi rendahnya capaian Standar Pelayanan Minimal pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) faktor yang menyebabkan rendahnya capaian SPM bidang kesehatan pada Puskesmas Oebobo ialah masih kurangnya kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan,sarana dan prasarana kesehatan,kurangnya mutu sumber daya tenaga kesehatan yang memadai dari segi pengetahuan dan keterampilan, munculnya dokter-dokter spesialis yang membuka praktek di Kota Kupang, tidak adanya data penduduk miskin dari kecamatan oebobo, belum maksimalnya partisipasi dan peran aktif masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri, masih adanya budaya malu dari masyarakat untuk memeriksa penyakitnya di puskesmas, dan proses pelayanan yang terlalu rumit. Yang kedua (2) upaya yang harus dilakukan adalah harus adanya kontrol dengan memperlakukan mekanisme hingga tercapai hasil kinerja yang maksimal, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan setiap indikator kinerja SPM, meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan,sarana dan prasrana kesehatan setiap indikator. Dari hasil analisis tersebut maka disarankan kepada pihak puskesmas Oebobo yaitu perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan, sarana dan prasarana kesehatan, meningkatkan mutu sumber daya tenaga ke sehatan dari segi pengetahuan dan keterampilan, memberikan sosialisasi atau penyuluhan terkait indikator yang ada dalam SPM. Bagi pihak masyarakat Kecamatan Oebobo perlu berpartisipasi dan berperan aktif untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melakukan pemeriksaan di Puskesmas Oebobo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan, Standar Pelayanan Minimal, Bidang Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:20
Last Modified: 03 Nov 2022 03:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item