Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

NAGO, Selviana Woga (2017) Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)

Abstract

Judul skripsi: Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Perilaku Disiplin Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap perilaku disiplin siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap perilaku disiplin siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah: variabel bebas (X) tata tertib sekolah dan variabel terikat (Y) perilaku disiplin siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 27 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah sampel populasi dengan jumlah sampelnya sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan wawancara tertulis sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar studi dokumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persamaan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap perilaku disiplin siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, dengan Fhitung: 7,15 lebih besar dari Ftabel: 5,57. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap perilaku disiplin siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap perilaku disiplin siswa kelasVIIIA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah hendaknya perlu lebih memperhatikan tata tertib di sekolah dan memberikan sanksi yang tegas terhadap siswa yang berulang-ulang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah sehingga dapat meningkatkan perilaku disiplinnya. b) Guru BK hendaknya memanfaatkan kesempatan untuk membina dan membimbing siswa dalam memahami tata tertib sekolah, mencari dan menemukan gagasan baru untuk mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang tertib. c) Guru Mata Pelajaran disarankan untuk memperhatikan tata tertib sekolah agar mendorong kepatuhan siswa terhadap tata tertib yang ada di sekolah. d) Siswa disarankan untuk melaksanakan semua tata tertib yang ada di sekolah agar dapat meningkatkan perilaku disiplin mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:34
Last Modified: 09 Nov 2022 08:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item