Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis Garam Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

TAUSBELE, Yunike Po (2018) Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis Garam Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pendapat Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. Untuk itu Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsep-konsep maupun prinsip-prinsip. Pendidik mendorong peserta didik agar terlibat dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip prinsip untuk diri mereka sendiri. Proses pembelajaran dengan pendekatan discovery learning dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif dalam pembelajaran melalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana disiplin belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan displin belajar dan kemampuan penalaran peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh disiplin belajar dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui disiplin belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan displin belajar dan kemampuan penalaran peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin belajar dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang baik dengan presentase rata-rata disiplin belajar sebesar 77% (3) Kemampuan penalaran peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang baik dengan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran sebesar 73 (4) Ada hubungan displin belajar dan kemampuan penalaran peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,814 (5) Ada pengaruh disiplin belajar dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan regresi ganda di peroleh = 51,994 + 0,179 + 0,251.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Kemampuan Penalaran, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:56
Last Modified: 10 Nov 2022 06:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9978

Actions (login required)

View Item View Item