Pengaruh Sikap Inovatif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Kimia Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

GANUL, Herlina (2018) Pengaruh Sikap Inovatif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Kimia Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Pada Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)

Abstract

Sikap Inovatif merupakan intensi untuk menciptakan, memperkenalkan, dan mengaplikasikan ide baru dalam kelompok dan organisasi yang dimaksudkan untuk mengoptimal kinerja kelompok dan organisasi. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir kritis secara mendalam, logis, refletif yang diaplikasikan dalam menilai situasi untuk membuat suatu pertimbangan dan keputusan yang baik. Pendekatan inkuiri terbimbing adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, krtitis, logis, dan analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIA I SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui sikap inovatif peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (3) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (4a) Untuk mengetahui ada tidaknya hubugan sikap inovatif terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (4b) Untuk mengetahui ada tidak hubungan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (4c) Untuk mengetahui ada tidaknya hubugan sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (5a) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap inovatif terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang. (5b) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia dengan menerapakan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (5c) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing (1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,80 dan reliabilitas 93%.(2)Sikap inovatif terhadap hasil belajar berada pada taraf baik yaitu sebesar 71,3%. (3) Kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar berada pada taraf tinggi yaitu sebesar 71,4. (4a) Ada hubungan yang signifikan antara sikap inovatif dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi(rx1y)=0,891 (4b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiriterbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,8999.(4c) Ada hubungan yang signifikan antara sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,963. (5a) Ada pengaruh yang signifikan antara sikap inovatif dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi diperoeleh Ŷ = 39,100 + 0,615. (5b) Ada pengaruh yang signifikan antara berpikir kritis dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 36,690 + 0,645 (5c) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2017/2018 peserta didik dengan nilai: Y= 36,666 + 0,299 + 0,355.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Inovatif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:01
Last Modified: 10 Nov 2022 07:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item