Pengaruh Kreativitas (Non-Aptitude) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Pada Peserta Didik Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

BETE, Priska Regina (2018) Pengaruh Kreativitas (Non-Aptitude) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Pada Peserta Didik Kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)

Abstract

Kreativitas sendiri adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada. Kreativitas non-aptitude yaitu ciri-ciri yang lebih berkaitan dengan sikap dan motivasi dari dalam diri untuk berbuat sesuatu. Motivasi berprestasi merupakan daya penggerak dalam diri peserta didik untuk mencapai taraf prestasi akademik yang setinggi mungkin demi penghargaan terhadap diri sendiri. Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan pendekatan yang menekankan kepada aktivitas peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menemukan sendiri. Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing akan melalui tahapan tahapan identifikasi dan klasifikasi masalah, rumusan masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan. Masalah pokok dalam penelititan ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kreativitas (non-aptitude) peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana motivasi berprestasi peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kreativitas (non-aptitude) dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kreativitas (non-aptitude) dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui kreativitas (non-aptitude) peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui motivasi berprestasi peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018.(4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kreativitas (non-aptitude) dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018.(5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas (non-aptitude) dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada perta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari hasil analisis data diperoleh (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Kreativitas (non-aptitude) peserta didik diperoleh nilai rata rata sebesar 89 dan termasuk kategori sangat baik. (3) Motivasi berprestasi peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dan termasuk kategori sangat baik. (4) Ada hubungan antara kreativitas (non-aptitude) dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,407. (5) Ada pengaruh kreativitas (non-aptitude) dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda = 58,769 + 0,060 + 0,25.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas (non-aptitude), Motivasi berprestasi, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:03
Last Modified: 10 Nov 2022 07:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9983

Actions (login required)

View Item View Item