Pembelajaran Solmisasi Melalui Metode Meniru Dengan Lagu Model “Pada Pahlawan”Karya C. Simanjuntak Pada Siswa-Siswi Kelas VIII C SMPK Giovanni Kupang

SURYATINAH, Suryatinah (2014) Pembelajaran Solmisasi Melalui Metode Meniru Dengan Lagu Model “Pada Pahlawan”Karya C. Simanjuntak Pada Siswa-Siswi Kelas VIII C SMPK Giovanni Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan formal di kota Kupang yang melaksanakan pembelajaran seni budaya adalah SMPK Giovanni. Berdasarkan pengalaman selama pelaksanaan PPL penulis menemukan permasalahan khususnya pada siswa-siswi kelas VIII C yang sebagian besar mengalami kesulitan dalam bernyanyi, hal ini disebabkan siswa tidak terbiasa menyanyi solmisasi sebelum menyanyikan suatu lagu. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat adalah: 1) bagaimana proses pembelajaran solmisasi melalui metode meniru pada siswa-siswi kelas VIIIC? 2)Apa kesulitan yang dihadapi siswa-siswi pada saat proses pembelajaran berlangsung? 3)bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa bernyanyi solmisasi? Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)Meningkatkan kemampuan siswa-siswi bernyanyi solmisasi. 2)Mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran solmisasi. 3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengamati proses belajar digunkan metode tindakan kelas. Tenik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan. Adapun pelaksanaan pembelajaran solmisasi di awali dengan memberikan pemahaman mengenai tangga nada, dan teknik bernyanyi melalui solmisasi. Secara umum kesulitan yang dihadapi siswa-siswi :1) pemahaman dalam menyanyikan notasi angka masih rendah baik dalam hal materi maupun praktek. 2) kurangnya motivasi sebagian siswa-siswi ketika guru mengajarkan lagu yang diawali membaca solmisasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan yang dibagi dalam dua siklus. Hasil perolehan nilai pada siklus I menunjukan bahwa kemampuan siswa membaca solmisasi secara umum menyentuh angka 66 dengan persentase 14,28% memperoleh nilai 70-79 sedangkan 85,7% memperoleh nilai 60-69. Hasil perolehan nilai tersebut bila dikaitkan dengan KKM yang ditentukan yakni 75 maka dapat dikatakan belum maksimal. Hasil refleksi pada siklus pertama menjadi dasar pelaksanaan siklus II untuk merancang persiapan dengan lebih matang. Pada siklus ke II ini hasil perolehan nilai mengalami peningkatan dengan persentase 28% memperoleh nilai dengan rentangan 70-79. 62, 85% memperoleh nilai dengan rentangan 80-90 dan 8,57% memperoleh nilai dengan rentangan 90-100. Dari hasil perolehan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan menyanyi solmisasi siswa kelas VIII C SMPK Giovanni Kupang sudah menunjukan perkembangan. Untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi solmisasi guru mempersiapkan etude-etude untuk melatih kepekaan siswa membidik nada dan menciptakan suasana kelas yang nyaman sehingga siswa-siswi sangat antusias mengikuti setiap kegiatan. Dari hasil yang diperoleh siswa pada siklus ke II dapat dikatakan bahwa materi yang diajarkan guru dapat diserap dengan baik oleh siswa-siswi kelas VIII C SMPK Giovanni Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Solmisasi, Metode Meniru, Keterampilan Bernyanyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:59
Last Modified: 14 Nov 2022 06:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item View Item