Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

GURU, Dionisius (2019) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (582kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Masalahnya” bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel” Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penlitian ini adalah adalah dua orang siswa kelas X IPA SMAN 2 KUPANG sebagai sasaran penelitian. Metode pengumpulan data melalui: Tes pemecahan masalah, Wawancara, Dokumentasi. Metode analisis data menggunakan Reduksi data, Klasifikasi, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpiki kritis dalam pemecahan masalah pada subjek OT dan MO sebagai berikut: Subjek OT dalam langkah memahami masalah mampu mengidengtifikasi fakta-fakta dengan jelas. Pada langkah membuat rencana penyelesaian, mampu mengungkapkan rumus atau defenisi dalam membuat rencana penyelesaian dan mampu menyebutkan rencana penyelesaian dengan benar. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana yang sudah dibuat dengan benar dan mampu menggunakan pengetahuan terdahulu dalam melaksanakan penyelesaian. Pada langkah memeriksa kembali, mampu memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian yang dibuatnya, mampu menggunakan cara penyelesaian lain dan mampu mengembalikan jawaban sesuai dalam soal untuk cek kebenarannya. Sedangkan pada subjek MO dalam langkah memahami masalah mampu menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Pada langkah membuat rencana penyelesaian, mampu mengungkapkan rumus atau defenisi dalam membuat rencana penyelesaian dan mampu menyebutkan rencana penyelesaian dengan benar. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana yang sudah dibuat dengan benar dan mampu menggunakan pengetahuan terdahulu dalam melaksanakan penyelesaian. Pada langkah memeriksa kembali, mampu memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian yang dibuatnya, mampu menggunakan cara penyelesaian lain dan mampu mengembalikan jawaban sesuai dalam soal untuk cek kebenarannya. Berdasarkan uraian di atas maka kedua subjek OT dan MO mampu memenuhi ketujuh indikator kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada TPM I dan TPM II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:06
Last Modified: 12 Dec 2022 01:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item