Peran Komunikasi Organisasi Mahasiswa Dalam Membangun Multikulturalisme (Studi Deskriptif pada Perhimpunan Mahasiswa Asal Nagekeo di Kota Kupang)

ITO, Maria Karolina (2023) Peran Komunikasi Organisasi Mahasiswa Dalam Membangun Multikulturalisme (Studi Deskriptif pada Perhimpunan Mahasiswa Asal Nagekeo di Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini diajukan sebagai skripsi dengan judul “Peran Komunikasi Organisasi Mahasiswa dalam membangun Multikulturalisme (Studi Deskriptif pada Perhimpunan Mahasiswa Asal Nagekeo di kota Kupang)”. Peran Komunikasi Organisasi mahasiswa PERMASNA dalam membangun multikulturalisme, menarik untuk diteliti karena dalam wadah ini terhimpun 7 kecamatan dengan karakter yang berbeda, suku, ras dan bahasa yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi deskriptif, jenis penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan pemeriksaan teman sejawat. Berdasarkan hasil wawancara multikulturalisme adalahpandangan tentang ragam kehidupan didunia atau kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragamaan dan perbedaan, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai sistem budaya.Perbedaan tersebut berupa, perbedaan karakter, suku, ras dan etnis.Peran Komunikasi Organisasi menjadi salah satu cara organisasi berkembang dalam membangun mutlikulturalisme. Peran Komunikasi organisasi dalam PERMASNA yang dilakukan yaitu, menyampaikan pendapat, mengatur interaksi dan menumbuhkan kepercayaan diri. Dalam organisasi PERMASNA, cara mewujudkan multikulturalisme adalah tetap menjalin relasi yang baik, merangkul perbedaan itu, saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain. Berdasarkan hasil analisis pada Peran Komunikasi Organisasi Mahasiswa dalam membangun Multikulturalisme, yaitu para anggota aktif dalam berpendapat, setiap perbedaan yang ada menarik untuk dipelajari, perbedaan tersebut bisa saling melengkapi. Dalam organisasi PERMASNA Kupang komunikasi yang terbangun diantara perbedaan itu justru mempererat setiap perbedaan dan berusaha saling menghargai perbedaan-perbedaan, baik perbedaan suku, ras, agama dari anggota individu yang berada dalam wadah ini. Salah satu cara untuk mewujudkan multikulturalisme yang dilakukan organisasi PERMASNA Kupang adalah adakan kegiatan masa penerimaan anggota baru, dies natalis, doa bersama, diskusi bersama, kemah kerja bakti sosial kemasyarakatan,latihan kepemimpinan tingkat dasar, kegiatan turnamen dan sanggar seni. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa organisasi ini dengan adanya perbedaaan tersebut membuat para anggota bisa saling menghargai setiap perbedaan yang ada, menjalin relasi yang baik, lebih menghormati, menumbuhkan rasa persaudaraan, persatuan, tolernasi dan kepedulian yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Multikulturalisme.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Maria Karolina Ito
Date Deposited: 02 Feb 2023 00:51
Last Modified: 02 Feb 2023 00:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item