Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Virus di SMAK Sudirman Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

ANDAR, Beato Dionisius (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Virus di SMAK Sudirman Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diantaranya motivasi belajar siswa kurang, pembelajaran yang masih berpusat pada guru,dan guru kurang menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa sehingga niat belajar siswa berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok Virus di SMA Sudirman Kupang. . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Tenik pengumpulan data observasi dan test. Desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (THB) yang digunakan untuk menggambarkan data tentang ketuntasan indikator dan ketuntasan hasil belajar siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk menilai kemampuan guru serta lembar pengamatan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitiannya adalah: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 81,75% (2) Ketuntasan klasikal 95% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,81 (4) Sensitivitas butir soal 0,45 (5) Kemampuan guru sangat baik dengan skor rata-rata 3,58 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi untuk memecahkan masalah yaitu mencapai 33% yang secara kualitatif menjawab tujuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok Virus di SMA Sudirman Kupan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Virus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:30
Last Modified: 02 Feb 2023 07:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item