Proses Informasi Pelayanan Pembuatan Paspor Pada Instansi Keimigrasian Melalui Instagram Kepada Masyarakat (Studi Deskriptif Kualitatif Informasi Pembuatan Paspor Melalui Instagram di Instansi Imigrasi Kelas 1 TPI Kupang sebagai Media Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat Desa Penfui Timur Rt 13 / Rw 04 Kab. Kupang Tengah)

NINA, Filomina (2023) Proses Informasi Pelayanan Pembuatan Paspor Pada Instansi Keimigrasian Melalui Instagram Kepada Masyarakat (Studi Deskriptif Kualitatif Informasi Pembuatan Paspor Melalui Instagram di Instansi Imigrasi Kelas 1 TPI Kupang sebagai Media Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat Desa Penfui Timur Rt 13 / Rw 04 Kab. Kupang Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Proses Informasi Pelayanan Pembuatan Paspor Pada Instansi Keimigrasian Melalui Instagram Kepada Masyarakat” (Studi Deskriptif Kualitatif Informasi Pembuatan paspor Melalui Instagram Di Instansi Imigrasi Kelas 1 TPI Kupang Sebagai Media Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat Desa Penfui Timur Rt 13B / Rw 04 Kabupaten Kupang Tengah). Untuk mengetahui seberapa efektif informasi yang disampaikan melalui imigrasi kupang melalui akun instagram terlebih dahulu harus memiliki pedoman sebagai tolak ukur. Dalam skripsi ini yang menjadi tolak ukur dalam mengetahui informasi pelayan pembuatan paspor dan tampilan konten. Kedua aspek ini sangat penting dalam mengukur sejauh mana tingkat informasi pelayanan yang di sampaikan imigrasi kupang melalui akun isntagram. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana informasi pelayanan imigrasi kupang yang di publikasikan melalui akun isntagram ketika di ukur dari tampilan kontennya. Landasan konseptual yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu media online, informasi media social dan masyarakat pengguna isntagram. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap masyarakat yang tinggal di Rt 13 Desa Penfui Timur Kecamatan kupang Tengah Kabupaten Kupang. Berdasarkan hasil penelitian mengenai informasi pelayanan yang di sampaikan imigrasi kupang melalui akun isntagram kupang masyarakat merasa kesulit ketika yang ditampilkan berupa foto tanpa adanya keterangan yang lebih jelas terhadap tampilan kontenya. Kalau untuk aksesnya bagi masyarakat sangatlah mudah, sedangkan Untuk informasi pelayanan sering kali di jelaskan menggunakan teks tanpa adanya suara dari orang yang membuat video tersebut. Dan hal inilah yang membuat komunikan malas membaca isi teks yang ada pada video yang di publikasikan di akun instagram Imigrasi Kupang tersebut. Masyarakat merasa sangat efektif apabila informasi pelayanan disampaikan melalui tampilan konten, akan tetapi kalau di lihat dari informasi pelayanan yang di sampaikan melalui akun isntagram imigrasi kupang kurang efektif karena mudahnya bagi masyarakat Rt 13 Desa Penfui Timur mengakses instagram.Penulis menyimpulkan bahwa informasi pelayanan keimigrasian yang disampaikan melalui instagram Imigrasi Kupang bagi masyarakat Penfui Timur RT.13/RW.04 Desa Penfui Timur Kabupaten Kupang kurang berhasil apabila diukur dari tampilan kontenya. Dari hasil wawancara mendalam dengan informan menyimpulkan bahwa ada beberapa kekurangan yang ditampilkan media online instagram imigrasi kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Informasi, Media Sosial, Dan Paspor
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom FILOMINA NINA
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:01
Last Modified: 06 Feb 2023 02:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item View Item