Manfaat Kain Tenun Adat Tais Mane dan Tais Feto di Masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka (Studi Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka)

RAFU, Maria M. (2023) Manfaat Kain Tenun Adat Tais Mane dan Tais Feto di Masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka (Studi Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRACK.docx.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf

Download (356kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manfaat Kain Tenun Adat Tais Mane dan Tais Feto Di Masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka”( Studi Komunkasi Budaya Pada Masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka). Tenun adat di Desa Builaran semakin memudar karena masyarakat Desa Builaran sekarang jarang menggunakan lagi pakaian adat, karena dengan adanya perkembangan zaman masyarakat lebih memilih menggunakan pakaian moderen, dalam hal ini pakian dres/gaun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa Manfaat Tenun adat Tais mane dan Tais Feto. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat kain tenun adat Tais Mane dan Tais Feto di masyarakat Desa Builaran Kabupaten Malaka. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni Observasi, Wawancara mendalam,dan Dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah secara deskriptif kualitatif, proses analisis data penelitian menggunakan analisis yang lebih menekankan pada Tenun Adat Tais Mane dan Tais Feto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manfaat kain tenun adat Tais Mane dan Tais Feto berdasarkan manfaat keseharian, Sosial Budaya, dan Ekonomi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manfaat kain tenun adat Tais Mane dan Tais Feto itu sebagai budaya dan tradisi yang diwariskan secara turun temurun di masyarakat Desa Builaran yakni manfaat keseharian, Sosial Budaya, Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manfaat, Kain Tenun Adat, Keseharian, Sosial Budaya, dan Ekonomi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom MARIA MARSELA RAFU
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:48
Last Modified: 10 Feb 2023 03:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item