Simbol dan Makna Ritual “Paol Sau” Pada Rumah Adat Acigatal (Studi Kasus pada Masyarakat Acigatal di Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka)

MUTU, Rofiana M. V. F. (2021) Simbol dan Makna Ritual “Paol Sau” Pada Rumah Adat Acigatal (Studi Kasus pada Masyarakat Acigatal di Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Simbol dan Makna Ritual Paol Sau pada Rumah Adat Acigatal di Desa Wehali Kabupaten Malaka”. Penyelenggaraan tradisi sangat penting bagi masyarakat dan dianggap sebagai ritual yang sesuai dengan keadaan masyarakat tersebut. Pada umumnya setiap ritual memiliki berbagai maksud , tujuan dan makna tersendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apa Simbol dan Makna yang terkandung dalam ritual Paol Sau pada Rumah Adat Acigatal di Desa Wehali Kabupaten Malaka. Metode yang digunakan: metode studi kasus. Sumber data primer adalah para informan, sedangkan data-data skunder adalah data-data yang berkaitan dengan variabel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Namun pada saat penelitian tidak ada pelaksaanan ritual paol sau di Desa Wehali. Teknik analisa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Ritual paol sau merupakan ritual yang dilakukan setiap bulan April setiap tahunnya sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang diperoleh sekaligus penghormatan kepada para leluhur atas hasil panen tersebut. Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa: 1) Dalam ritual paol sau ini harus ada symbol – symbol jagung dan sirih pinang. Tanpa symbol – symbol ini ritual tidak sah. 2) Dalam ritual paol sau ini memliki makna persatuan dan makna religi. Makna persatuannya yaitu, hubungan kekeluargaan semakin erat, tetap terjaga, ikatan persaudaraan semakin tinggi, solidaritas dan kuat dalam kebersamaan. Sedangkan makna religinya ialah percaya pada leluhur dan rumah adat, meminta perlindungan dan selalu sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ritual Paol Sau, Simbol dan Makna
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:03
Last Modified: 20 Feb 2023 01:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item