RELIAYATI, Agnesia (2021) Efektivitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (184kB) |
Abstract
Judul skripsi: Efektivitas penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Mengapa teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok diterapkan untuk mengurangi stres belajar siswa? 2) Bagaimana prosedur penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa? 3) Apakah penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi stres belajar siswa? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Alasan penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompk untuk mengurangi stres belajar siswa.2) Prosedur penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa. 3) Efektivitas penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Objek kajian dalam penelitian ini yaitu teknik relaksasi, layanan bimbingan kelompok dan stres belajar siswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengurangi stres belajar siswa karena teknik relaksasi bertujuan untuk mengurangi rasa cemas, gelisah, dan membantu siswa berpikir secara logis dan positif sehingga mengurangi stres belajar yang dialami siswa. Prosedur penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa dilaksanakan melalui empat tahap layanan bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Pada tahap kegiatan bimbingan kelompok konselor menggunakan teknik relaksasi untuk mengurangi stres belajar siswa dengan langkah- langkah sebagai berikut: rasional, lingkungan yang kondusif, konselor sebagai model, penilaian setelah latihan, pekerjaan rumah, tindak lanjut. Efektivitas teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian Nurcahyani (2016). Berdasarkan pembahasan di atas, maka peneliti memberi saran kepada; (1) Guru BK diharapkan untuk memperdalam pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mengenai penerapan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa. (2) Peneliti diharapkan agar dapat menambah pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam menerapkan teknik relaksasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi stres belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 02:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 02:32 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11738 |
Actions (login required)
View Item |