Pengaruh Event Marketing, Media Sosial Tiktok dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Online Tokopedia di Kota Kupang

GUNAWAN, Angelika Laurensia (2021) Pengaruh Event Marketing, Media Sosial Tiktok dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Online Tokopedia di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (558kB)

Abstract

Angelika Laurensia Gunawan (32117057) dengan judul penelitian “Pengaruh Event Marketing, Media Sosial Tiktok, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Online Tokopedia di Kota Kupang”, dibawah bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM sebagai pembimbing I dan Ibu Rosadalima Tisu, SE, MM sebagai pembimbing II. E-commerce sangat diminati saat ini, membuat perusahaan harus adu strategi dalam memperebutkan konsumen, hingga ke Kota Kupang, Tokopedia kehilangan konsumennya, sehingga mengalami penurunan penjualan, dikarenakan konsumen tidak tertarik akan event yang diadakan Tokopedia, bahkan iklan dan brand ambassador Tokopedia pun menuai kontroversi. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi konsumen tentang event marketing, media sosial Tiktok, brand ambassador dan gambaran keputusan pembelian? (2) Apakah event marketing, media sosial Tiktok, dan brand ambassador secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online Tokopedia di Kota Kupang?. Penelitian dilakukan di Kota Kupang, dengan populasi adalah konsumen yang menggunakan Tokopedia di Kota Kupang, di mana tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 15 indikator dan dikalikan 7, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 105 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data yaitu metode analisisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS Statistic Version 24. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel event marketing sebesar 68,79% dengan kategori baik, variabel media sosial Tiktok sebesar 66,35% dengan kategori cukup baik, variabel brand ambassador sebesar 75,64% dan variabel keputusan pembelian sebesar 75,46%, ke duanya dengan kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,396X1 + 0,271X2 + 0,187X3. Hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel event marketing sebesar 4,596 dengan nilai signifikan 0,000, variabel media sosial Tiktok sebesar 2,933 dengan nilai signifikan 0,004, dan variabel brand ambassador sebesar 2,118 dengan nilai signifikan 0,037, di mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil ini menunjukaan bahwa baik secara parsial maupun simultan ke tiga variabel bebas berpengaruh terhadap keputusan pembelian online Tokopedia di Kota Kupang. Nilai koefisien determinasi (R2 ) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 50,8%, sedangkan sisanya sebesar 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, seperti variasi harga dan jasa pengiriman. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Tokopedia, agar membuat event Harbornas, membuat video singkat tour keliling gedung Tokopedia, dan selanjutnya menggunakan brand ambassador seperti Raisa yang memiliki banyak fans, agar konsumen tertarik untuk berbelanja di Tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Event Marketing, Media Sosial Tiktok, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian, Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:42
Last Modified: 22 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11869

Actions (login required)

View Item View Item