Memainkan Alat Musik Teren Bass dalam Bentuk Kolaborasi Instrumen Musik Sekolah Sebagai Bagian Ansambel Musik dengan Model Lagu Maumere Manise Menggunakan Metode Imitasi dan Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Musik SMASK Bhaktyarsa Maumere

HARISTO, Antonius (2021) Memainkan Alat Musik Teren Bass dalam Bentuk Kolaborasi Instrumen Musik Sekolah Sebagai Bagian Ansambel Musik dengan Model Lagu Maumere Manise Menggunakan Metode Imitasi dan Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Musik SMASK Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)

Abstract

Teren bass merupakan salah satu jenis alat musik berdawai berasal dari Maumere, kabupaten Sikka. Alat musik ini memiliki satu dawai besar dan dimainkan dengan cara dipukul pada dawai yang sering dipadukan dengan gong waning, ukulele, tambur, suling, leto, sakarakat dan lainnya. Peneliti berinisisatif untuk memperkenalkan permainan Teren Bass dikolaborasikan dengan instrumen musik sekolah kepada generasi muda khususnya Siswa-Siswi Minat Musik SMASK Bhaktyarsa Maumere”.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan Alat Musik Teren Bass Dalam Bentuk Kolaborasi Instrumen Musik Sekolah Sebagai bagian ansambel musik dengan model lagu Maumere Manise Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Musik Smask Bhaktyarsa Maumere. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses penerapan permainan alat musik Teren Bass Dalam Bentuk Kolaborasi Instrumen Musik Sekolah Sebagai Bagian Ansambel Musik Dengan Model Lagu Maumere Manise Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Bagi Siswa-Siswi Minat Musik Smask Bhaktyarsa Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses penerapan permainan alat musik Teren Bass dalam bentuk kolaborasi instrumen musik sekolah sebagai bagian ansambel musik bagi siswa-siswi SMASK Bhaktyarsa Maumere dilakukan melalui tahapan yang meliputi proses pengenalan organoligi alat musik teren bas, latihan tangga nada dengan memperhatikan filing jarak antar nada dan sinkronisasi antara pencetan dawai oleh tangan kiri dengan pukulan stik pada dawai oleh tangan kanan, dilanjutkan latihan penyesuaian permainan teren bas dengan permainan instrumen musik sekolah. Tahap akhir dilakukan pementasan hasil latihan di kelas. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses penerapan permainan alat musik Teren Bass dalam bentuk kolaborasi instrumen musik sekolah pada siswa-siswi Smask Bhaktyarsa Maumere terdapat beberapa kesulitan dan dapat diatasi melalui metode pembelajaran imitasi dan metode drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teren Bass, Ansambel, Instrumen Musik Sekolah, Kolaborasi, Metode Imitasi, Metode Drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:23
Last Modified: 23 Feb 2023 03:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11943

Actions (login required)

View Item View Item