Analisis Pengelolaan Piutang Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Lontar Kota Kupang

SOSA, Vinsentianus Sara Gaso (2023) Analisis Pengelolaan Piutang Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Lontar Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Vinsentianus Sara Gaso Sosa, NIM: 33118066; Skripsi berjudul: Analisis Pengelolaan Piutang Pada Perusahaan Daerah (PDAM) Tirta Bening Lontar Kota Kupang. di bawah bimbingan Bapak Dr. Stanis Man, SE.,M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE.MM Selaku Pembimbing II. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan piutang pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Lontar Kota Kupang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan piutang pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Lontar Kota Kupang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Lontar Kota Kupang dalam pengelolaan piutang menerapkan fungsi- fungsi manajemen antara lain adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Namun jika dilihat dari pengukuran efektivitas pengelolaan piutang berdasarkan rasio keuangan yang berkaitan dengan piutang dalam pengelolaan piutang pada PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang dikatakan belum secara efektif hal ini ditunjukkan dengan rendahnya nilai perputaran piutang pada tahun 2019 sebesar 1,47 kali, tahun 2020 sebesar 1,18 kali dan tahun 2021 sebesar 1,24 kali. Lamanya waktu mengumpulkan piutang pada tahun 2019 sebanyak 244 hari, tahun 2020 sebanyak 305 hari dan tahun 2021 sebanyak 290 hari. Besarnya presentase rasio tunggakan pada tahun 2019 dengan presentase sebesar 47,23%, tahun 2020 dengan presentase sebesar 52,93% dan tahun 2021 dengan presentase sebesar 49,61%. Rendahnya presentase rasio penagihan pada tahun 2019 dengan presentase sebesar 52,76%, tahun 2020 dengan presentase sebesar 47,06% dan tahun 2021 dengan presentase sebesar 50,38%. Timbulnya tunggakan piutang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah kurangnya pemerataan dalam pendestribusian air yang belum mencapai 24 jam dalam sehari dan juga belum mencapai tujuh hari dalam seminggu sehingga ada pelanggan mengambil alternatif lain dengan membeli air dari tangki, kurangnya kesadaran pelanggan dalam hal membayar, adanya sambungan rumah aktif tetapi rumah tidak ditempati. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang untuk meningkatkan sumber daya manusia terlebih khusus pada sub bagian kas dan penagihan yaitu dengan menambahkan jumlah karyawan penagihan sehingga lebih efisiensi dalam penagihan piutang, melakukan pemerataan dalam pendestribusian air di setiap sub zona, melalukan pemutusan sementara terhadap rumah-rumah yang tidak ditempati dan memberikan sanksi yang tegas terhadap pelanggan yang melakukan tunggakan pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Piutang, Rasio Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S. Ak VINSENTIANUS SARA GASO SOSA
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:55
Last Modified: 20 Mar 2024 03:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12060

Actions (login required)

View Item View Item