Persepsi Wajib Pajak Terhadap Implementasi E-Samsat Di Kota Kupang

AMARAL, Veronica Paulina (2023) Persepsi Wajib Pajak Terhadap Implementasi E-Samsat Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (407kB)

Abstract

Veronica Paulina Amaral 331 18 006 dengan judul “Persepsi Wajib Pajak Terhadap Implementasi E-Samsat Di Kota Kupang”. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE.,M.Sc dan Bapak Leopold M. T. Dawu,SE.,MM. Peneliti melihat pentingnya persepsi wajib pajak terhadap implementasi E-samsat. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Wajib Pajak terhadap Implementasi E-samsat di Kota Kupang dan Faktor-faktor apa saja yang mendukung/menghambat penggunaan E-samsat di Kota Kupang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi wajib pajak terhadap implementasi E-samsat di Kota Kupang serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung/penghambat penggunaan E-samsat. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data menurut sumber yakni data primer dan data sekunder. Data menurut sifat yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai wajib pajak yang melakukan atau pernah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor menggunakan e-samsat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa persepsi yang dimiliki oleh setiap wajib pajak berbeda-beda, hal ini berkaitan dengan faktor-faktor yang turut mempengaruhi yaitu, pengetahuan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak, efektivitas, dan sosialisasi. Faktor tersebut dapat menimbulkan persepsi-pesepsi yang berbeda, dalam pengklasifikasiannya terdapat wajib pajak yang mendukung dan juga ada yang tidak mendukung layanan e-samsat. Peneliti melihat wajib pajak menyambut dengan baik inovasi layanan ini, mereka mendukung layanan ini karena dirasa dapat mempermudah masyarakat dalam membayarkan pajaknya. Namun sebagai wajib pajak yang tidak mendukung layanan ini, peneliti menidentifikasi berupa adanya keraguan dalam menggunakan layanan e-samsat karena dirasa berbelit-belit dan hanya akan membuang-buang waktu karena pada akhirnya juga tetap harus ke samsat. Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah harus lebih gencar dalam memberikan sosialisasi agar E-samsat dapat dikenal oleh semua lapisan masyarakat, dan juga pemerintah harus terus memperbarui sistem e-samsat sehingga layanan ini dapat sepenuhnya mempermudah masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Wajib Pajak, E-samsat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Veronica Paulina Amaral
Date Deposited: 28 Feb 2023 05:47
Last Modified: 28 Feb 2023 05:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item