SERAN, Elis (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 4 Amarasi Satu Atap Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB I.pdf.pdf Download (60kB) |
|
Text
BAB II.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB III.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
BAB IV.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
BAB V.pdf.pdf Download (965kB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Amarasi Satu Atap masih rendah, hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep IPA yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jenis penelitian ini adalah adalah quasi eksprimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis ini data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 58,46 dan meningkat menjadi 76,53 setelah diberi posttest dan diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.42 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 34,61 dan meningkat menjadi 60,38 setelah diberi posttest dan diperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.39 dengan kategori sedang. Jumlah peserta didik yag tuntas pada kelas eksperimen 76,92% dan yang tidak tuntas berjumlah 23,07%. Pada kelas kontrol, jumlah peserta didik yang tuntas 23,07% dan yang tidak tuntas berjumlah 76,53%. Berdasarkan hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 4 Amarasi Satu Atap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Materi klasifikasi makhluk hidup. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S. Pd Elis Seran |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 01:29 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 01:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12227 |
Actions (login required)
View Item |