Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Paradise Leste Oeste Tour Travel Terhadap Penumpang dan Barang Bawaan

MALI, Adinda Julia Lusiany (2023) Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Paradise Leste Oeste Tour Travel Terhadap Penumpang dan Barang Bawaan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Paradise Leste Oeste Tour and Travel adalah salah satu pelaku usaha biro perjalanan yang bertanggung jawab apabila ada hal yang merugikan penumpang atas kelalaian yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah mengenai beberapa permasalahan yang dialami penumpang diantaranya: penumpang diturunkan tidak pada tempat tujuan, lalu mengenai jadwal keberangkatan yang tertunda, selain itu, barang bawaan penumpang yang kadang rusak akibat adanya penumpukan di bagasi. Adapun rumusan masalah dari penulisan ini yaitu Bagaimana tanggung jawab Perusahaan Paradise Leste Oeste Tour Travel terhadap penumpang dan barang bawaan penumpang dan mengenai kendala-kendala dalam pelaksanaan tanggung jawab Perusahaan Travel Paradise. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tanggung jawab perusahaan terhadap penumpang dan barang bawaan serta kendala dalam pelaksanaan tanggung jawab terhadap penumpang dan barang bawaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris yang meliputi pendekatan perundang-undangan dan sosiologis. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah manejer Perusahaan Paradise Leste Oeste Tour and Travel, pengemudi dan penumpang. Teknik Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adanya tanggung jawab perusahaan terhadap penumpang yang dapat dilihat secara nyata dari kewajiban perusahaan itu sendiri dimana penumpang dijemput dari suatu titik dan diantarkan hingga menuju tempat tujuan dengan selamat. Dalam kenyataannya, hal-hal yang dianggap sepele kurang diperhatikan oleh pihak perusahaan berkaitan dengan kenyamanan penumpang, waktu keberangkatan yang diundur, fasilitas kendaraan dan pembagian snack. Pengangkut tidak bertanggung jawab atas kerugian barang bawaan penumpang, kecuali jika penumpang dapat membuktikan bahwa kerugian tersebut disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian pengangkut. Adanya keadaan force mayor ketika melakukan perjalanan yang mengakibatkan tidak terpenuhinya pelaksanaan tanggung jawab terhadap penumpang dan barang bawaan. Prinsip yang digunakan adalah tanggung jawab berdasarkan praduga. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa Perusahaan tidak sepenuhnya bertanggung jawab dan lebih melihat ke bukti dari kerugian penumpang. Mengenai kendala-kendala dalam pelaksanaan tanggung jawab Perusahaan Travel Paradise Adanya keadaan force mayor ketika melakukan perjalanan yang mengakibatkan tidak terpenuhinya pelaksanaan tanggung jawab terhadap penumpang dan barang bawaan. Dalam melakukan perjalanan pihak Perusahaan Paradise Leste Oeste Tour and Travel sebaiknya memperhatikan kenyamanan penumpang dan melakukan komunikasi antara penumpang dengan pihak perusahaan mengenai kegiatan selama perjalanan agar tidak terjadi miskomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Kendala-kendala, Paradise Leste Oeste Tour and Travel
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum
Depositing User: S. H Adinda Julia Lusiany Mali
Date Deposited: 05 Mar 2023 23:55
Last Modified: 05 Mar 2023 23:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item