Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Informasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Konsumen Kota Kupang)

WATU, Verseveranda Hansianum (2023) Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Informasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Konsumen Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (348kB)

Abstract

Verseveranda Hansianum Watu (32118095), dengan judul penelitian“Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Informasi dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Lazada Kota Kupang” di bawah bimbingan Bapak Drs.Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku pembimbing I dan Ibu Maria Augustin Lopes Amaral, SE, MM selaku pembimbing II. Lazada merupakan salah satu e-commerce didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara. Lazada Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan Rocket Internet, perusahaan asal Jerman. Sebagai pendatang baru di bisnis e-commerce Indonesia, Lazada mampu merebut perhatian sebagian besar masyarakat internet (netizen), namun semenjak 2017-2021 jumlah pengunjung mengalami fluktuasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi konsumen tentang brand ambassador, kualitas informasi, persepsi risiko dan gambaran keputusan pembelian pada e-commerce Lazada studi kasus pada konsumen di kota Kupang. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh brand ambassador, kualitas informasi dan persepsi risiko secara parsial terhadap keputusan pembelian pada E-commerce Lazada studi kasus pada konsumen di kota Kupang. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh brand ambassador, kualitas informasi dan persepsi risiko secara simultan terhadap keputusan pembelian padaE-commerceLazadastudi kasus pada konsumen di kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat di Kota Kupang yang pernah berbelanja di E-commerce Lazada. Sampel dalam penlitian ini 112 responden. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan Variabel brand ambassador sebesar 56,61%, variabel kualitas informasi sebesar 56,32%, variabel persepsi risiko sebesar 61,70% dan variabel keputusan pembelian sebesar 61,83%, semua variabel termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel: brand ambassador, kualitas informasi dan persepsi risiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce Lazada pada konsumen di Kota Kupang. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel: brand ambassador, kualitas informasi dan persepsi risiko secara silmutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce Lazada pada konsumen di Kota Kupang. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,658. Nilai ini menerangkan bahwa 65,8% variabel Keputusan Pembelian pada E-commerce Lazada, merupakan kontribusi dari tiga variabel independen, yakni variabel Brand Ambassador (X1), Kualitas Informasi (X2), dan Persepsi Risiko (X3), sedangkan sisanya sebesar 34,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada e-commerce Lazada, agar memberikan pelayanan yang maksimal, sehingga dapat mengurangi risiko di benak konsumen, dengan aturan yang jelas dan tegas serta adanya fasilitas yang mampu menjamin keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi, merupakan hal yang wajib ditingkatkan oleh pihak perusahan agar tidak terjadi penipuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Kuliatas Informasi, Persepsi Risiko dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M Verseveranda H Watu
Date Deposited: 02 Apr 2023 23:54
Last Modified: 02 Apr 2023 23:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item