Efektifitas Teknik Bibliotherapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

AZI, Maria Merilina Tuwa (2019) Efektifitas Teknik Bibliotherapy Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik bibliotherapy melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik bibliotherapy melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang tahun pelajaran 2018/2019?”. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel purposif yaitu 7 siswa kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang yang kurang mampu mengelola emosi marah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen pretest-postest one group. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara tertulis dan instrumen perlakuan yakni pedoman penerapan teknik bibliotherapy melalui bimbingan kelompok. Alat pengumpul data adalah angket kemampuan mengelola emosi marah. Teknik analisis data menggunakan uji t pada taraf kepercayaan 1%. Hasil analisis data menunjukkan nilai thitung sebesar 12,982 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 4,032. Dengan demikian nilai t hitung ˃ nilai t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik bibliotherapy melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri I Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah diharapkan untuk selalu mengontrol guru BK, guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bibliotherapy agar dapat membantu meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah. 2) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa/siswi dengan menerapkan teknik bibliotherapy untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa. 3) Siswa-siswi diharapkan agar secara sadar memanfaatkan setiap layanan bimbingan dan konseling dengan teknik bibliotherapy yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:10
Last Modified: 18 Jan 2020 02:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item