Pengaruh Kualitas Jasa, Pemberian Diskon Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Menggunakan Wedding Organizer Pada Icon Event Kupang

LIEM, Rebecha Natalia (2023) Pengaruh Kualitas Jasa, Pemberian Diskon Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Menggunakan Wedding Organizer Pada Icon Event Kupang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (454kB)

Abstract

Wedding Organizer merupakan suatu jasa yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dan membantu calon pengantin untuk pelaksanaan acara pernikahan mereka yang dimulai dari tahap perencaaan sampai pelaksanaan. Perkembangan data penggunaan jasa Wedding Organizer pada Icon Event Kupang dari tahun 2017 – 2021 mengalami fluktuasi. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas jasa, pemberian diskon, ulasan pelanggan dan gambaran keputusan pelanggan dalam menggunakan Wedding Organizer pada Icon Event Kupang? (2) Apakah kualitas jasa, pemberian diskon dan ulasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam menggunakan Wedding Organizer pada Icon Event Kupang? (3) Apakah kualitas jasa, pemberian diskon dan ulasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam menggunakan Wedding Organizer pada Icon Event Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang sudah pernah menggunakan jasa Wedding Organizer pada “Icon Event” Sikumana, Kota Kupang sebanyak 960 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu 90 responden. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel kualitas jasa sebesar 81,96%, variabel pemberian diskon sebesar 79,3%, variabel ulasan pelanggan sebesar 80,7%, dan keputusan menggunakan Wedding Organizer pada “Icon Event Kupang” sebesar 79,4%, semua variabel termasuk dalam kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,262X1 + 0,323X2 + 0,351X3. Hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel kualitas jasa sebesar 3,224 dengan nilai signifikan 0,002, variabel pemberian diskon sebesar 3,174 dengan nilai signifikan 0,002, dan variabel ulasan pelanggan sebesar 3,329 dengan nilai signifikan 0,001, di mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji Fhitung sebesar 74,517 dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan ke tiga variabel bebas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan Wedding Organizer pada “Icon Event Kupang”. Nilai koefisien determinasi (R2 ) yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 71,2%, sedangkan sisanya sebesar 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Wedding Organizer pada “Icon Event Kupang” agar memberikan kualitas jasa yang ideal, menawarkan diskon menarik atau mengurangi harga agar dapat menghasilkan ulasan pelanggan yang baik, sehingga banyak yang membuat keputusan untuk menggunakan jasa Wedding Organizer pada “Icon Event Kupang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Jasa, Pemberian Diskon, Ulasan Pelanggan, Keputusan Menggunakan Wedding Organizer “Icon Event Kupang”
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S. M Rebecha Natalia Liem
Date Deposited: 27 Apr 2023 00:49
Last Modified: 20 Mar 2024 01:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12508

Actions (login required)

View Item View Item