Analisis Kebutuhan Fasilitas Perlengkapan Jalan Berdasarkan Arus Lalu Lintas Dan Jaringan Jalan Menggunakan Aplikasi Quantum Geographic Information System (Lokasi Studi Pada Kelurahan Oesapa Selatan Kota Kupang)

DADUT, Maria Redempta Septima (2022) Analisis Kebutuhan Fasilitas Perlengkapan Jalan Berdasarkan Arus Lalu Lintas Dan Jaringan Jalan Menggunakan Aplikasi Quantum Geographic Information System (Lokasi Studi Pada Kelurahan Oesapa Selatan Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
Abstrack.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (80kB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana vital yang perlu mendapat perhatian serius, agar aktifitas orang-orang yang ada di dalam sebuah kota menjadi lebih baik. Untuk itulah pembangunan jalan yang terkonsep dan terencana secara baik sangat diperlukan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan. Dan salah satunya tersedianya perlengkapan jalan raya yang berjalan dengan baik, ditaati, dan dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Penentuan lokasi penempatan perlengkapan fasilitas jalan menggunakan aplikasi Quantum Geographic Information System (QGIS). QGIS adalah perangkat lunak SIG berbasis open source dan free (gratis) untuk pengolahan data geospasial. Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan lain sebagainya. Tujuannya untuk ini adalah Mengetahui kondisi ketersediaan dan kualitas layanan fasilitas perlengkapan jalan di seputaran wilayah Oesapa Selatan dan mengetahui strategi pengelolaan fasilitas perlengkapan jalan berdasarkan hasil survei kondisi fungsionalnya. Hasil yang akan diperoleh dari kegiatan observasi tidak hanya berupa teks saja, tetapi juga bisa gambar, video, foto (hanya pada ruas jalan arteri dan kolektor) dan beberapa media lainnya, kemudian ditampilkan pada peta dengan menggunakan aplikasi QGIS (Quantum Geographic Information System). Berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuran yang telah dilakukan, kondisi existing ruas jalan lokasi penelitian (Jln. Farmasi, Jln. Fatufuan, Jln. Koperasi, dan Jln Bumi), , hanya pada ruas Jalan Bumi yang memerlukan fasilitas perlengkapan jalan yaitu Zebra Cross. Kata Kunci: Jalan 1, Prasarana Vital 2, Quantum Geographic Information System (QGIS) 3, Open Source dan Free 4, Zebra Cross.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan 1, Prasarana Vital 2, Quantum Geographic Information System (QGIS) 3, Open Source dan Free 4, Zebra Cross.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Maria Redempta Septima Dadut
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:31
Last Modified: 05 Jun 2023 00:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item