Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Anggaran Belanja Persediaan Pada Dinas Kesehatan, Kependudukan, Dan Catatan Sipil Provinsi NTT

ROJA, Donatus Biliando (2023) Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Anggaran Belanja Persediaan Pada Dinas Kesehatan, Kependudukan, Dan Catatan Sipil Provinsi NTT. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (388kB)

Abstract

Donatus Biliando Roja, NIM 331 16 045, dengan judul Skripsi “Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Anggaran Belanja Persediaan Pada Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT” dibawah bimbingan Ibu Dr. Yolinda Yanti Sonbay, SE,M.Sc sebagai Dosen Pembimbing I dan Ibu Maria Goreti Malut, SE, MM sebagai Dosen Pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak Pandemi Covid-19 terhadap Anggaran Belanja Persediaan Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis dampak Pandemi Covid-19 terhadap Anggaran Belanja Persediaan Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT. Penelitian dilakukan pada Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, yang menyajikan tujuan terstruktur, fakta dan data yang nyata mengenai dampak yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19, dan upaya untuk menemukan jawaban atas dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 terhadap anggaran belanja persediaan oleh Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, dan memberikan gambaran dari fenomena Pandemi Covid-19 secara objektif. Teknik analisis data adalah analisis Deskriptif Kualitatif, Teknik analisis deskriptif ini digunakan untuk mengetahui data yang dikumpulkan dan diklasifikasikan Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT, dan mendeskripsikan secara faktual peristiwa Pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap Anggaran Belanja Persediaan pada Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi proses penganggaran dan pembelanjaan akan barang persediaan. Terlebih khusus, Dinas Kesehatan, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi NTT, menganggarkan dan membelanjakan cukup banyak barang persediaan akan alat kesehatan demi penanganan kasus Pandemi Covid-19 melalui berbagai Program Kerja dan kegiatan, dengan tetap meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam hasil penelitian, Pandemi Covid-19 secara nyata memberikan dampak terhadap belanja persediaan pemerintah, dengan adanya Pandemi pemerintah melakukan refocusing anggaran, dan relokasi anggaran, juga mengurangi atau menghentikan program kerja yang tidak secara langsung memberikan dampak dalam usaha menangani dan menanggulangi Pandemi Covid-19. Melihat dari hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada Dinas Kesehatan, Kependudukan, Dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, untuk diharapkan segala detail pembelanjaan dan pengeluaran untuk penanganan Pandemi, dapat disajikan di dalam sebuah Laporan Pertanggungjawaban yang terperinci. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan keuangan yang akuntabel, bersih, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Analisis Dampak, Anggaran, Belanja Persediaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Donatus Biliando Roja
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:15
Last Modified: 10 Jul 2023 01:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item