Efektivitas Pelaksanaan Budaya Pesta Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur

SAIMAN, Etfinda (2023) Efektivitas Pelaksanaan Budaya Pesta Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (872kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pelaksanaan Budaya Pesta Sekolah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Efektivitas Pelaksanaan Budaya Pesta Sekolah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengukuran efektivitas dari Subagyo (2001) dengan indikator pencapaian tujuan, dan pemantauan. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Wejang Mali yang perna menyelenggarakan pesta sekolah dan masyarakat yang perna hadir dalam acara pesta sekolah.. Jenis data adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan terakhir verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitin menujukan bahwa pelaksanaan pesta sekolah di Desa Wejang Mali cukup efektif, dalam pengembangan sumber daya manusia. karena dengan adanya dana hasil pesta sekolah masyarakat desa Wejang Mali dapat terbantu untuk membiayai pendidikan dari anak-anak mereka ke perguruan tinggi, sehingga anak-anak di desa Wejang Mali memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi, Bahkan sudah begitu banyak sarjana yang pendidikanya dibantu oleh hasil pesta sekolah dan sudah begitu banyak yang telah mendapatkan pekerjaan yang layak. Sementara itu, hasil penelitian juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pesta sekolah yaitu: relasi sosial yang baik dari tuan pesta, partisipasi aktif tuan pesta disetiap acara pesta sekolah orang lain, musim panen, cuaca yang baik, kekreatifan protokol dalam pesta sekolah (MC).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Budaya Pesta Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Etfinda Saiman
Date Deposited: 18 Jul 2023 00:58
Last Modified: 18 Jul 2023 00:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item