Strategi Pengelolaan BUMDes 7 Maret Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat di Desa Hadawake, Kec. Lebatukan – Kab. Lembata

WUWUR, Mario Louise Adobala (2023) Strategi Pengelolaan BUMDes 7 Maret Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat di Desa Hadawake, Kec. Lebatukan – Kab. Lembata. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini mengkaji Strategi Pengelolaan BUMDes 7 Maret Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat di Desa Hadawake, Kec. Lebatukan – Kab. Lembata. Dalam kajian tersebut peneliti mengadopsi teori strategi pengelolaan (Kotten dalam bukunya Salusu 2006) dengan menggunakan 4 indikator yaitu sumber daya finansial, sarana dan prasarana, sumber daya alam, dan sumber daya manusia. Secara metodologi, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif, dengan tehnik pengumpulan data dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan data penelitian, dianalisis dengan teori analisis data menurut (Kotten dalam bukunya Salusu 2006) Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan aspek sumber daya finansial menunjukan bahwa setiap tahunnya BUMDes 7 Maret menerima anggaran dana desa dan belum terhitung dari sumbangan pemerintah daerah..Dana tersebut digunakan sebagai penunjang sarana dan prasarana dalam pengadaan bahan baku serta bahan kemasan, serta pengadaan armada kapal. Dalam pemanfaatan sumber daya alam, BUMDes 7 Maret lebih berfokus untuk mengelola hasil laut dikarenakan memiliki nilai jual untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk meningkatkan sumber daya manusia BUMDes 7 Maret selalu memberikan pelatihan sesuai dengan kemampuan masyarakat yang didukung dengan memberikan arahan dan sosialisasi kepada masyarakat agar terciptanya pola pikir yang maju pada masyarakat. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa BUMDes 7 Maret sangat berperan penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat, yang di tandai dengan BUMDes selalu hadir di tengah masyarakat. Agar menjadi salah satu contoh usaha yang diterapkan dengan program-program kerja BUMDes sebagai strategi yang diterapkan. Peneliti juga merekomendasikan saran sebagai berikut : Perlu adanya kerja keras dalam pengembangan SDM tentang BUMDes, sehingga masyarakat lebih memahami dan mengetahui bahwa BUMDes hadir di tengah masyarakat untuk memajukan perekonomian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengelolaan, BUMDes 7 Maret
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Mario Louise Adobala Wuwur
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:16
Last Modified: 25 Jul 2023 00:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12810

Actions (login required)

View Item View Item