Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Belanja Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Timor Tengah Utara

BOYANI, Basilia Pok (2023) Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Belanja Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisia Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Timor Tengah Utara”. Oleh Basilia Pok Boyani (31119064) program studi ekonomi pembangunan, dibawah bimbingan Dr. Simon Sia Niha, SE, M.Si dan Bapak Adrianus Ketmoen, SE, MM . Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui gambaran pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah dan belanja daerah di Kabupaten Timor Tengah Utara. (2) Mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Timor Tengah Utara. (3) Mengetahui pengaruh belanja daerah secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Timor Tengah Utara. (4) Mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah dan belanja daerah secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pemerintahan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis nilai t signifikan pada variabel Pendapatan Asli Daerah sebesar 0,065 lebih besar (>) dari 0,05, artinya Pendapatan Asli Daerah berpengaruh tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. kemudian nilai signifikan pada Belanja Daerah sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05, artinya belanja daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan perbandingan nilai t hitung pada pendapatan asli daerah sebesar 1,034 lebih kecil (<) dari nilai t tabel 1,753 artinya pendapatan asli daerah berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya nilai t hitung pada belanja daerah sebesar 2,569 lebih besar dari nilai t tabel 1,753, artinya belanja daerah berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kemudian uji F hitung sebesar 2,624. Karena nilai F hitung 2,624 > F tabel 1,753, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji F dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau dengan kata lain pendapatan asli daerah dan belanja aerah secara simultan bersama-sama berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Timor Tengah Utara. Berdasarkan hasil pengukuran yang talah dilakukan diatas, membuktikan variabel independent Pendapatan Asli Daerah, dan Belanja Daerah terhadap variabel dependen Pertumbuhan Ekonomi di peroleh R^2 (R-Square) sebesar 0,875 hal ini berarti sebesar 87,5% faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi dapat di jelaskan oleh dua variabel independent yaitu Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Daerah sedangkan sisanya (100% - 87,5% = 12,5%) dijelaskan faktor-faktor lain diluar variabel lainnya seperti dana perimbangan, jumlah penduduk dan indeks pembangunan manusia (IPM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Basilia Pok Boyani
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:40
Last Modified: 04 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

View Item View Item