Dampak Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pembangunan Desa Di Desa Tubungwalang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata

LEDO, Petrus (2023) Dampak Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pembangunan Desa Di Desa Tubungwalang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (313kB)

Abstract

Petrus Ledo, NIM 31118086, dengan judul skripsi: Dampak Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Pembangunan Desa. (studi kasus desa tubungwalang kecamatan buyasuri kabupaten lembata tahun anggaran 2018-2021). Dibawah bimbingan ibu Emiliana Martuti Lawalu,SE,ME selaku pembimbing I dan Bapak Adrianus Ketmoen,SE,MM selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana gambaran alokasi dana desa (ADD) di Desa Tubungwalang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata. (2)Bagaimana pengelolaan alokasi dana desa di desa Tubungwalang Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama aspek perencanaan permendagri No. 20 Tahun 2018. Kedua pelaksanaan masih ditemukan bahwa pemerintah desa Tubungwalang belum memahami tahapan pengelolaan keuangan desa dimana dalam pengajuan SPP dilakukan sebelum barang/ jasa diterima sehingga tidak sesuai dengan permendagri No.20 Tahun 2018 dan kelengkapan dokumen yang ada di desa Tubungwalang dalam pelaksanaan SPP tidak dilengkapi dengan buku kas pembantu kegiatan sehingga tidak sesuai dengan permendagri No.20 Tahun 2018. Ketiga, aspek penatausahaan, masi ditemukan bahwa adanya keterlambatan dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban dana kelengkapan dokumen yang tidak sesuai dengan permendagri No.20 Tahun 2018. Keempat aspek pelaporan, masi ditemukan bahwa bendahara desa Tubungwalang belum memahami tahapan pengelolaan keuangan desa dengan baik sehingga adanya keterlambatan dalam penyampaian laporan semester yang tidak sesuai dengan permendagri No.20 Tahun 2018. Kelima aspek pertanggungjawaban masi ditemukan kelengkapan dokumen tidak sesuai dengan permendagri No.20 Tahun 2018 dalam tahap pelaksanaan sebaiknyha pemerintah desa tubungwalang sebaiknya mengajukan kemajuan SPP dilakukan setelah barang / jasa yang diterima dan kepala desa Tubungwalang harus lebih memperhatikan kelengkapan dokumen yang harus dibuat sehingga sesuai dengan ketentuan permendagri No.20 Tahun 2018. Dalam tahap penatausahaan sebaiknya bendaha desa Tubungwalang lebih disiplin waktu dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban sehingga bisa membantu pengelolaan belanja desa agar lebih baik untuk tahun tahun yang akan datang dan kepala desa Tubungwalang harus lebih memperhatikan kelengkapan dokumen yang harus dibuat sehingga sesuai dengan ketentuan permendagri No 20. Tahun 2018. Dalam tahap pelaporan sebaiknya kepala desa Tubungwalang lebih memperhatikan laporan realisasi APBDes semester pertama sehingga dapat disampaikan paling lambat pada minggu kedua bulan juli tahun berjalan. Dalam tahap pertanggujawaban sebaiknya kepala desa Tubungwalang harus lebih memperhatikan kelengkapan dokumen yang harus dibuat sehingga sesuai dengan ketentuan permendagri No.20 Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Alokasi Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E Petrus Ledo
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:59
Last Modified: 07 Aug 2023 05:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item