Karakteristik Pergerakan Arus Lalu Lintas Dan Fasilitas Perlengkapan Jalan Di Kawasan Pendidikan (Studi Kasus SMP Negeri 2 Kupang Jalan Tompello Nomor 33, Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang)

KOLO, Adelbertus (2023) Karakteristik Pergerakan Arus Lalu Lintas Dan Fasilitas Perlengkapan Jalan Di Kawasan Pendidikan (Studi Kasus SMP Negeri 2 Kupang Jalan Tompello Nomor 33, Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Zona selamat sekolah (ZoSS) merupakan suatu program pemerintah yang dimulai pada tahun 2006. Program ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas khususnya di sekitar area sekolah. Namun pada kenyataanya penggunaan ZoSS di SMPN 2 KUPANG masih belum optimal karena masih banyak pengguna jalan yang melintas di ZoSS dengan kecepatan tinggi, anak-anak sekolah belum menggunakan fasilitas ZoSS, serta masyarakat sekitar termasuk para guru dan orang tua yang belum mengerti akan keberadaan ZoSS. Pendekatan yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap ketersediaan dan kondisi fasilitas ZoSS, perilaku penyeberang jalan dan kecepatan kendaraan yang melintasi ZoSS. Hasil penelitian menunjukkan dari total 21 fasilitas ZoSS yang ditinjau, persentasi fasilitas baik adalah 33,33% dan fasilitas rusak/hilang 66,67% artinya tidak efektif. Survey pola penyeberang jalan, jumlah penyeberang yang menggunakan zebra croos saat menyeberang adalah 1342 dan jumlah penyeberang yang tidak menggunakan zebra cross saat menyeberang adalah 1420 artinya tidak efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan, Pengguna Jalan, Zona Selamat Sekolah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Adelbertus Kolo
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:15
Last Modified: 08 Aug 2023 03:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item View Item